Kamis, 15 Agustus 2019

Daily Life #6 : My freelancer Job



Di penghujung 2017 saya mendapat kan kesempatan untuk menjadi tutor online di salah satu program Ruangguru. Lalu di akhir 2018 saya mendapatkan acceptance menjadi tutor online juga di Snapask Indonesia

Keduanya adalah freelance bukan full time job. Saya masih kuliah mungkin itu cara Tuhan memberiku jalan agar tetap punya income hehhee, karena sudah mendaftar di beberapa sekolah tapi belum juga di terima mungkin salah satu pertimbangan nya karena saya masih kuliah atau mungkin karena batas kemampuan ku belum se-level dengan yang mereka harapkan. 

If we are talking about freelance, we Will find many kinds of them. Banyak bidangnya banyak juga situs online yang sekarang menyediakan itu, baik dari dalam maupun luar negeri. Kebetulan background ku pendidikan jadi yang suitable dengan itu tentunya teaching, and I love it. Walaupun pada awalnya saya belum "ngeh" kalau nantinya ruangguru digitalbootcamp akan sebesar ini saya bahkan lupa kapan apply di ruangguru lalu dapat informasi nya dari mana, yang ku ingat hanya pas dapat email untuk tes online. And about 3 months later ada tim RGDB (kak Ulqi) contacted me di WhatsApp untuk bergabung. Dan pada saat itu kalau aku bilang "saya mau ngajar dulu di Ruangguru" guess what, nobody knows Ruangguru itu apa. Lalu kemudian di awal 2018 salah satu temanku di Pare menawarkan untuk daftar snapask karena dia liat aku ngajar di Ruangguru via chat lalu dia bilang "Sri kamu coba daftar ini aku juga punya platfrom, kamu akan anak fisika dicoba aja dulu lumayanloh dapat income" and diakhir 2018 baru adaa acceptance nya juga. 

Situs-situs penyedia freelance tadi itu salah satunya di bidang pendidikan Ruangguru dan Snapask, dan ada yang lebih gede lagi seperti sribulancer, Linkin, freelancer Indonesia, upwork dan masih banyak lagi. The things that you need is prepare your skills. Sekarang zamanya semuanya harus cepat dan ofcourse you need to have technological skill seperti design grafis, video editor, film maker, translator, photography, web developer, and something like that pasarnya itu gede banget. Ada beberapa perusahaan that is not really care about your education background tapi seberapa banyak tred record that you have. Saya tertarik pada design, film maker tapi kalau disuruh buat portofolio About it, I am nothing hhaha. Thats why saya berpikir bahwa I need to be interns in this round semoga segera dapat kesempatan. Sepertinya jalan untuk ikut terjun langsung selain kursus dan inisiatif belajar sendiri adalah magang, I guess that intern Will be the best way. 



Selain intern, ada juga yang menarik perhatianku seperti online course ada yang free ada juga yang need cost. Beberapa hari yang lalu aku iseng-iseng ikut DQlab sebuah situs online yang menawarkan kursus data analyzer. Based on this web belum ada bidang keilmuan yang pure data anyase di universitas so someone needs to join the course. Menarik sihh data analyzer itu dibutuhkan hampir semua startup dengan income yang lumayan gede juga. Fyi, online course disediakan kampus-kampus besar luar negeri dan memang menyediakan sertifikat after finishing the course. That is amazing that we can learn anywhere. 

Actually few years ago I had planned that nanti aku mau kerja di rumah saja, dulunya mau jadi editor buku jadi bisa kerja dari jauh di depan laptop 🤣 ternyata tanpa kusadari its really happen  bukan editor buku tapi tutor online yang kerjaannya di depan smartphone. Kemudian saya bersyukur sih setelah membumi nya gojek, Bukalapak, Tokopedia ada Ruangguru yang muncul di bidang pendidikan. Tentu membuka pekerjaan untuk para pendidik dan menjawab keresahan ku sebagai mahasiswa pendidikan. Thankyou kak Belva, kak Iman.

The other thing that we need for looking job is networking. We need collaboration with many kinds of background. 

Beberapa hari terakhir ini saya kemudian bercita-cita menjadi podcaster hahaha. Lalu mengundang orang-orang kerennya Makassar untuk berbincang something. What a cerzy idea 😎. 

Overall, the things that we need are creativity, strong skills, networking, jam terbang, dan we have to learn something new everyday entah itu bahasa baru, ilmu baru because life   moves too fast so we have to prepare it as early as you can. Good job para fresh graduate yang sedang mencari pekerjaan, kata para podcaster find your passion tapi jangan juga ngotot kalau passion mu A jadi kamu ngk mau kerja B padahal who knows that maybe your passion Is B. 
Agustus 15, 2019 / by / 0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

give me your response