Senin, 05 Agustus 2019

Book Review #9 : Sapiens (Riwayat Singkat Umat Manusia) by Yuval Noah Harari



Judul : Sapiens (Riwayat Singkat Umat Manusia)
Penulis : Yuval Noah Harari
Tahun : 2019 (cetakan ke-19)
Penerbit : KPG
Halaman: 526

Sebuah karya yang sangat spektakuler, Harari menyajikan 4 bab dalam buku Sapiens. 

14 miliar tahun lalu zat, energi, waktu dan ruang bermula dari dentuman besar. 
Lalu 300.000 tahun setelahnya  zat dan energi bergabung menjadi struktur yang lebih kompleks dan 4 miliar tahun lalu molekul-molekul tersebut membentuk organisme. 

Fisika-kimia-biologi telah mengantar revolusi kognitif terbentuk,  Biologi mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri nya hingga menemukan bahwa Sapiens bukan satu-satunya spesies yang berada dalam genus homo tetapi ada homo erectus, homo soloneis, homo eragaster dll yang berevolusi di Afrika, Asia dan Eropa

Revolusi pertanian Muncul, Sapiens mulai berkelana ke berbagai benua di permukaan bumi dan masih tetap mampu bertahan dan eksis. Namun kebangkitan pertanian berlangsung secara perlahan berabad-abad. Revolusi pertanian ini sebuah titik keberhasilan atau kemakmuran namun juga sebuah titik balik kesengsaraan dan melahirkan populasi yang sangat pesat dengan lahan pertanian yang akan semakin sedikit. 

Setelah revolusi pertanian, mitos-mitos dan fiksi-fiksi membiasakan orang untuk berpikir dalam cara-cara tertentu, berprilaku sesuai standar tertentu sehingga melahirkan sebuah budaya. Lalu kemudian kebudayaan manusia terus menerus berubah. uang, Emas, Imperium memiliki peran penting dalam sejarah yang mempengaruhi aspek politik dan ekonomi secara global. 

Revolusi sains juga tidak kalah menarik dalam sejarah perjalanan manusia. Perkembangan sains sangat pesat, para peneliti terus menerus melakukan percobaan walau harus merenggut keadilan para hak asasi hewan misalnya monyet, tikus, simpanse yang selalu dijadikan sebagai kelinci percobaan. 

Kebutuhan Sapiens yang setiap waktu meningkat hingga memaksa sapi untuk memproduksi susu, ayam untuk bertelur setiap hari. Di bidang teknologi nuklir pun telah menjadi cambuk saat bom nuklir yang dilepaskan pada 1945 untuk mengakhiri perang dunia ke-2

Saya mahasiswa Fisika ada banyak perspektif yang saya bisa kaitkan dengan bidang keilmuan saya. Buku ini menggabungkan banyak perspektif mulai dari agama, politik, ekonomi, sejarah. Bahkan hampir semua aspek kehidupan telah di paparkan Harari di buku ini. 

Harari juga memaparkan kemirisan terhadap perkembangan teknologi yang bisa saja menghancurkan siklus kehidupan. Selain itu juga muncul kekhawatiran pada terhadap populasi Sapiens beberapa abad mendatang. 

Dibuku ini juga membahas tentang bagaimana negara-negara Eropa dalam bahasa kasarnya "menjajah" negara di Asia atau bahkan Afrika. Juga membahas tentang VOC tapi dari perspektif bukan orang Indonesia. Kilas balik dengan buku yang kemarin "Arung Palakka" juga memaparkan tentang VOC tapi dari perspektif lokal (I mean dari sisi yang terjajah) 

Saya seperti sedang mengikuti kuliah 4 SKS setiap membuka lembaran nya, butuh membaca berulang kali agar saya bisa memahami maksud nya. Dan buku ini adalah buku pertama yang saya baca dengan detail referensi yang menurutku sangat lengkap, mungkin juga yang membuat buku ini istimewah adalah penulis memaparkan idenya berdasarkan riset yang sudah ada

Diakhir buku Harari merangkum alur waktu sejarah dimulai dari big Bang sampai sekarang



Thats the little bit review, perlu kalian ketahui bahwa buku ini tebal dan padat banget so you have to read this one apapun background pendidikan mu. 

Agustus 05, 2019 / by / 0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

give me your response