Sabtu, 16 Mei 2020

Book Review #20: Muslimah yang diperdebatkan by Kalsi Mardiasih


Picture by Bincang_id



Judul : Muslimah yang diperdebatkan
Penulis : Kalis Mardiasih
Penerbit : Mojok
Tahun: 2020 (cetakan keenama)
Halaman : 202

"Kerudung di negeriku memerdekan pikirian, gerak badan, tangan dan suara"

Buku ini adalah kumpulan essay dari mba Kalis tentang beberapa isu perempuan muslimah. Terdapat sekitar 26 essay yang dikumpulkan dalam satu buku dengan berbagai isu yang berfokus pada tubuh, kemanusiaan, religi dan pengalaman-pengalaman perempuan lainnya. 

Essay-essay dalam buku ini juga rasanya sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Seperti kemungkinan alasan kenapa khutbah Jum'at sering kali membuat jemah Jum'at mengantuk, kontroversi beberapa pablik figur yang tiba-tiba lepas hijab ataupun menggunakan hijab, gonjang-ganjing tentang pakaian muslimah, serta mengulas secara rinci "hijrah" yang beberapa tahun terakhir ini populer di kalangan masyarakat.

Buku ini mungkin pada beberapa kelompok adalah sebuah buku yang kontradiktif khususnya pada beberapa kelompok penganut yang pro poligami Karena memaparkan secara terang menderang penolakan nya terhadap poligami dengan alasan-alasan yang menurutku logis dan saya setuju dengan idenya. Selain itu bab yang membahas tentang beberapa brand lokal maupun internasional telah mendefinisikan kecantikan muslimah atau pun menjadikan kata hijarah sebagai lahan iklan menurutku pas. Secara tidak sadar saat ini seolah perempuan yang berjilbab dan tidak berjilbab memiliki kontradiktif dalam hal keimanan dalam artian bahwa perempuan yang menggunakan jilbab lebih saleha dibandingkan yang tidak bahkan ukuran besarnya jilbab seolah-olah menjadi patokan tingkat keimanan seseorang. Mba Kalis mendefinisikan jilbab adalah bentuk kesopanan dalam berpakaian jadi kalau ukuran jilbab dan pakaiannya berbeda bisa saja itu perbedaan mereka mengartikan kesopanan. 

Buku ini menarik, bahasanya ringan, santai tapi menusuk wkwkwk pada beberapa bagian. Beberapa essanya sudah pernah diterbitkan dan menjadi nominasi. I love this book♥️

Mei 16, 2020 / by / 0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

give me your response