Sabtu, 25 April 2020

Book Review #16: Gelombang By Dee Lestari




Judul : Gelombang
Penulis :Dee Lestari
Penerbit : Bentang
Tahun : 2015 (cetakan kedua)
Halaman : 539

Tak mungkin Albert Einstein jadi buruh ladang. Tak mungkin Sir Isaac Newton jadi penjaga toko. Tak mungkin Thomas Alfa Edison jadi pedagang bakmi. Betapa bapak Sagala menjadi sangat visioner dalam memberi nama anaknya agar kelak menjadi orang sukses. Tapi karena orang Batak kesulitan untuk menyebutkan akasen ketiganya maka ketiga anaknya hanya dipanggil Eten, uton dan Ichon.

Ichon atau Alfa Sagala menjadi anak berbakti untuk pergi ke New York menggantikan kakaknya Eten setelah beberapa tahun pindah nya sekeluarga ke Jakarta. Selain itu memang merupakan keinginannya akibat rasa penasaran Ichon untuk mengunjungi negeri yang tak pernah tidur sama dengan dirinya yang sangat mengindari terlelap.

Ichon menjadi orang yang sangat takut untuk terlelap sejak mimpi buruknya melihat benda yang sangat besar hitam seakan akan mencabut nyawanya seketika. Bahkan saat mimpi pertamanya Ichon diperbutkan empu Ronggur dan empu Togu Urat untuk dijadikan murid.

Ichon berevolusi menjadi Alfa Sagala sukses dengan kedua sahabatnya Carlos dan Troy melalui beasiswa penuh yang didapatnya. Alfa sudah menjadi anomali yang hanya memanfaatkan NAP untuk menjaga keseimbangan tubuhnya. Selama 11 tahun. Alfa tidak pernah terlelap seperti kebanyakan orang hingga ia melakukan hal apapun agar ia tidak merasakan tidur. Alfa menghindari segala hal yang bisa membuat nya tertidur lelap. Sehingga membuatnya memiliki nilai kalkulus sempurna dan diterima di 3 universitas sekaligus.

Setelah bertemu Isthar perempuan misterius yang seolah-olah sudah mengenalnya sejak lama, Alfa tertidur selama 5 jam sehingga ia kaget dan merasa dirinya bermasalah hingga ia harus ke dokter untuk memeriksakan diri.

Alfa bertemu dengan Dokter Nicky yang kemudian menemani perjalanan nya menuntaskan mimpinya yang berulang setiap ia tertidur diatas 2 jam.

Gelombang ini terasa sangat apik menjelaskan peristiwa mimpi dan segala bentuk teka-teki mimpi Alfa yang terjadi terus menerus. Hingga mengantarkannya ke Tibet untuk mencari dr.Klanten.

Gelombang tidak memberikan banyak istilah ilmiah yang sulit dipahami, tokoh figuran sahabat Alfa dan kedua saudara Ichon menjadi suatu hal yang membuat saya tertawa.

Ini adalah seri terakhir Supernova sebelum Intelegensi Embun Pagi. Sebuah karya sistematis yang sunggu memiliki imajinasi yang sangat kompleks

April 25, 2020 / by / 0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

give me your response