Rabu, 22 April 2020

Book Review #15 : Kesatria, Putri dan Bintang Jatuh by Dee Lestari

photo by @bincangbuku_


Judul : Kesatria, Putri dan Bintang Jatuh
Penulis : Dee Lestari
Penerbit : Bentang
Tahun : 2015 (cetakan kesembilan)
Halaman : 343

Dimas dan Ruben pasangan Gay yang merencanakan sebuah  masterpiece, karya yang luar biasa. Sederhananya mereka membuat 3 karakter Kesatria, Putri dan Bintang Jatuh.
.
Kesatria adalah sosok lelaki berkelas tinggi memiliki wajah yang tidak pas-pasan, gila kerja, tapi tidak didapatkan dari orang tua tetapi dari kerja kerasnya sendiri. Putri adalah seorang wartawan cantik memiliki suami dengan bobot, bibit nya terjamin. Sehingga siapapun bisa melihat kesempurnaan pasangan suami istri itu. Sedangkan Bintang jatuh adalah seorang peragawati profesional dan menjadi wanita yang bisa dibayar bertarif tinggi harus dibayar dengan dolar, Bintang jatuh seorang perempuan cerdas namun memiliki kepedulian tinggi. Ia memang menjadi 2 sisi koin Secara bersamaan.

Kisahnya berawal dari dongeng kecil kesatria yang dibacakan oleh neneknya semasa kecil. Ferre yang mendapatkan jadwal wawancara dari wartawan cantik, Rana mempertanyakan cita-cita dibalik laki-laki muda sukses itu. Kemudian dengan polos Ferre menceritakan kisah klasik itu sehingga sejak kecil ia bercerita menjadi kesatria yang jatuh cinta pada Putri tapi karena kesatria tidak bisa terbang sehingga membutuhkan bintang jatuh untuk bisa sampai ke Putri.

Ada hal yang menarik perhatianku di buku ini selain kisah klasik hubungan Rana dan Arwin suaminya yang menerima satu sama lain setelah jatuh cinta dengan Ferre yaitu Bintang jatuh, Diva. Karakternya hampir perfect menurut ku selain karena kecantikan nya, dia menunjukkan arti kebebasan yang sesungguhnya. Diva independen, profesional peduli kemanusiaan. Beberapa yang membuatku sepakat seperti saat mengomentari pentas busana anak-anak karena seolah-olah orang tua dan panggung itu merenggut masa bermain anak-anak, kemudian saat Diva memperlakukan sopir pribadi dan keluarga sopir dengan memberikan skill pada istri dan anak sopirnya karena menurutnya Sisopir tidak bisa hanya bergantung gaji saja,  sewaktu-waktu Diva bisa saja tiada, setidaknya mereka bisa melanjutkan hidup setelah itu.

Simpel sih tapi rasa kemanusiaan itulah seolah-olah menipis sedikit demi sedikit saat ini.

Akan ada kejutan diakhir cerita silahkan dicoba untuk membaca sendir agar merasak sensainya 🤭

Kisahnya tidak seperti dongeng klasik Ferre pada akhirnya semuanya terlihat kompleks dengan perbincangan Ruben -Dimas. Buku ini cukup sulit untuk dipahami karena sangat banyak istilah ilmiah maupun istilah lain sehingga sangat mudah ditemukan catatan kaki penulis. Buku ini adalah awal dari kisah petualangan Supernova dan menurutku serial yang paling sulit kupahami.

Disisi lain buku ini seperti sedang memberiku kuliah umum tentang kuantum, relativitas dan beberapa teori fisika lainnya. Dee memang sangat lihai menerjemahkan sains (khususnya Fisika) dalam buku ini. misalnya filsafat waktu, relativitas, kuantum, dan masih banyak lagi.
April 22, 2020 / by / 0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

give me your response