Minggu, 06 Maret 2016

P H Y S I C S karena beberapa alasan #1

Bertahan menjadi mahasiswa fisika karena fisika itu mempelajari semua yang telihat sampai yag tak terlihat,  bahkan mempelajai dari ukuran nano, makro, dan yang terlihat tentunya sudah menjadi kajian fisika sejak zamannya Galileo galilei. Mungkin tidak banyak mengenal sang lagenda fisika ini, beda kalo saya sebut Newton, nama sang lucation professor. ketika menuulis terasa banyak sekali yang ingin saya ceritakan yang membuat fisika indah dan membuat sains tidak sekaku dengan deretan angka, persmaan, hukum dan teori. saya dapat dari blog sebelah saya tertarik untuk nulis tentang kelende kosmik kebetulan pernah menjadi topik saat kuliah physics history Kalender Kosmik adalah cara membayangkan luasnya sejarah alam semesta dengan merangkum usianya selama 13,8 miliar tahun menjadi satu tahun saja. Dalam gambaran ini, Ledakan Besar atau Big Bang terjadi pada awal 1 Januari dini hari, dan masa kini terangkum pada akhir 31 Desember tengah malam. Dalam skala ini, setiap detiknya berarti 438 tahun, setiap jamnya berarti 1,58 juta tahun, dan setiap harinya berarti 37,8 juta tahun. 

Gambar 1 tahun kelender kosmik
perjalanan alam semesta sangat panjang, reativitas sangat jelas terlihat ketika kita melihat ini, ilmuan bisa ya bayangin kelender kosmik sperti apa. samapi suatu waktu ketika perkuliahan berlangsung beberpa bulan lalu mungkin ngak sih pak 1 januari di tahun ke-2 kelender kosmik ada? atau alam semesta akan berakhir saat 31 desember pukul 23.59 ?  dengan konversi terebut 
satu bulan akan kira kira sama dengan 1,1 miliar tahun. 

Nah daftar peristiwa berikut yang terjadi menurut perhitungan pada kelender kosmik 

Bigbang terjadi pada detik pertama 1 Januari, maka galaksi Bima Sakti kita baru terbentuk 2,5 bulan kemudian sekitar tanggal 15 Maret dan Tata Surya kita baru terbentuk setelah 5 bulan lebih kemudian, sekitar tanggal 31 Agustus




Apes (kera) terbentuk baru pada tanggal 31 Desember pukul 6.05 pagi dan Hominid (cikal bakal manusia) baru muncul pada pukul setengah tiga kuran, sorenya. Dan malam hari sekitar pukul 22.24 muncullah manusia primitif. Setelah dua jam kurang, sekitar pukul 23.52 manusia modern hadir di bumi. ekitar 7 menit kemudian, tulisan pertama pun tercipta dan dimulailah zaman perunggu, dan awal sejarah manusia pun di mulai.
Jadi, jika umur alam semesta kita kompresikan ke dalam 1 tahun, maka kita (manusia modern atau homo sapien) baru ada sekitar 8-7 menit yang lalu dan sejarah yang kita ketahui hanya sejarah kita beberapa detik yang lalu dari saat ini (detik pertama 1 januari tahun berikutnya)
Ukuran dan usia Cosmos berada di luar pemahaman manusia biasa. Tersesat di suatu tempat diantara besar dan tua nya alam semesta, adalah planet kecil kita. – Carl Sagan. 

Maret 06, 2016 / by / 0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

give me your response