Jumat, 26 Februari 2021

Belajar Sains #15: Pemanfaatan magnet dalam kehidupan sehari-hari

Photo by Dan-Cristian Pădureț on Unsplash


Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sudah sangat pesat begitupun produk-produk teknologi maka sudah tidak asing lagi kita menemukan magnet sebagai kommponen penyusunnya. Fungsi lain magnet selain  menarik benda yang berbahan logam apa aja sih ? kok bisa digunakan sebagai penyusun komponen alat elektronik? Atau bahkan Kereta Api Maglev melayang saat bergerak juga menggunakan prinsip, memang bisa?

Nah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pada paragraph sebelmnya yuk simak ulasan beberapa alat elektronik berikut yang memanfaatkan magnet.

1.       Kereta Api Maglev (Magnetic levitation)

Kereta Api ini tidak bersentuhan dengan rel loh ketika bergerak ? Nah loh kok bisa? Padahal dimana-mana kereta api akan bergerak jika kereta apinya bersentuhan langsung dengan rel kereta api kan?

Sebelum kita bahas yuk kita kanali dulu Kereta Api Maglev. Maglev atau biasa disebut dengan Magnetic levitation adalah pengangkat magnetik. Kelajuannya bisa mencapai 400 kilometer per jam loh,tapi walaupun bergerak cepat kereta ini memiliki sitem keamanan yang bagus kok. Walaupun Saat ini belum banyak negara yang bisa menggunakan kereta ini karena pembuatan dan perwatannya cukup mahal. Semoga di Indonesia segera ada ya

Nah kok bisa melayang? Ternyata Kereta Api Maglev  bergerak dengan prinsip medan magnet. Medan magnet digunakan untuk mengangkat dan mendorong badan kereta agar tidak bersentuan dengan rel. Tapi saat di stasiun, Kereta Api Magelv akan berada di atas roda karet namun setelah bergerak mencapai 150 kilometer per jam maka gaya magnetik akan mengankat kereta sekitar 0,1 m dari tanah.

Jadi Kereta Api Magelv dapat bergerak secapat itu karena saat terangkat gesekan antara rel dengan badan kereta menurun. Karena rel dan badan kereta tidak bersentuhan maka kebisingan yang terjadi di sekitar rel kereta seperti biasanya sudah tidak ada lagi.

2.       Trafo atau transformator

Tarnsformator adalah salah satu komponen elektronik yang berfungsi menaikkan ataupun menurunkan tegamgam listrik loh, ternyata komponen penyusunya pun mengandung magnet

3.       Ujung obeng

Pernah menggunakan obeng nggak sih ? Di ujung obeng terdapat magnet loh. Jadi kenapa diletakkan pada ujung obeng karena ada fungsiya loh, yaitu agar ketika memasang baut yang ukurannya kecil lebih muda karena baut akan menempel pada ujung obeng sehingga tidak mudah lepas.

4.       Speaker

Speaker biasanya kita lihat dalam bentuk box ataupun dalam bentuk uniq lainnya, siapa sangka bahwa komponen penyusun speaker ada magnet yang memiliki fungsi yang sangat besar dalam menghasilkan suara. Lalu bagaiama sih prinsip kerja speaker? Yuk kita simak dulu  Fungsi magnet dalam speaker yaitu mengubah energi listrik menjadi energi suara, Bunyi terjadi karena adanya getaran yang dihasilkan oleh komparan akibat interaksi dengan medan magnet. Lalu kumparan ini dialiri arus listrik sehingga mengakibatkan adanya interaksi dengan medan magnet sehingga kumparan bergetar dan selaput pada speaker juga bergetar, hal ini menimbulkan tekanan yang terdengar sebagai bunyi. Ternyata peran magnet dalam speaker memang sebsear itu yah.

5.       Pintu Kulkas

Kulkas menjadi alat elektronik yang hampir dimiliki oleh setiap rumah, Pintu kulkas tidak tidak seperti pintu rumah yah, pintu kulkas mudah di tutup dan dibuka tapi tidak ada celah beda dengan pintu rumah. Ternyata pintu kulkas dilengkapi dengan magnet agar dapat menempel dengan cepat dengan badan kulkas tanpa perlu gembok atau kunci.

Nah itulah beberapa teknologi yang memanfaatkan magnet ya. Walaupun sebenranya hampir semua alat elektronik menggunakan magnet. Semoga bermanfaat 😊 

Artikel ini telah diterbitkan di Greatpedia by GreatEdu

Februari 26, 2021 / by / 0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

give me your response