Rabu, 17 Februari 2021

Belajar Sains #9 : Melestarikan Tanaman dan Kultur Jaringan

 

Photo by Markus Spiske on Unsplash

Ada berbagai jenis tumbuhan yang saat ini sifatnya langkah loh bahkan terancam punah jika ditak dilestarikan. Kalian punya nggak nih tanaman favorit yang sudah hampir punah? Nah Kultur jaringan merupakan Proses pelestarian tumbuhan dan salah satu solusinya adalah kultur jaringan, Untuk mengetahui seperti apa prosesnya yuk mari simak penjelasan berikut ini.

Kultur jaringan sebenrnya adalah solusi untuk membudidayakan jaringan tanaman menjadi tanaman baru yang sifatnya mirip dengan induknya. Atau biasa dikenal sebagai salah satu metode mengisolasi bagian tanaman seperti sekelompok sel atau jaringan yang ditumbuhkan dalam kondisi aseptic sehingga bagian tanaman tersebut dapat berjumlah banyak dengan komponen tanaman yang lengkap.

Adapun Teori yang mendasari kultur jaringan disebut dengan Totipotensi yang meyakini bahwa setiap tanaman dapat berkembang biak karena seluruh bagian tanaman teridiri atas jaringan hidup, sehingga oragnisme baru akan memiliki sifat yang sama persis dengan induknya. 

Proses Kultur jaringan melalui 3 tahapan yakni inisiasi, multiplikasi dan pengakaran.

Tahap Inisiasi

Pada tahap ini dimulai dengan penanaman bagian tanaman yang akan dikembangbiakkan

Tahap Multiplikasi

Pada tahap ini telah terjadi pertumbuhan daun dan batang karena pertumbuhan calon tanaman dari jaringan pokoknya

Tahap pengakaran

Pada tahap terakhir ini dilakaukan pemberian hormone pemacu pembentukan akar dalam media agar terebentuk tanaman dengan komponen lengkap hasil akhirnya biasa dikenal denhan Plantlet

Kultur jaringan memberi keuntungan pada penikmat buah karena memberikan beberapa produk yang dapat memeberikan keuntungan pada manusia.

 Beberapa keuntungan saat mengonsumsi beberapa jenis buah hasil kultur jaringan seperti

  •        Ukuran buah yang dihasilkan seragam
  •        Citarasa buah juga seragam
  •        Dapat menghasilkan dengan kuantitas yang cukup besar dalam waktu yang singkat
  •        Karena sifatnya in virgo maka sifat tanaman atau buah baru akan persis sama dengan induknya
  •        Tidak memerlukan lahan yang luas

Selain memeberikan begitu banyak manfaat pada kelangsungan mahluk hidup, Produk kultur jaringan juga menyimpan kerugian loh. 

Kerugian kultur jaringan seperti:

  •        Tidak dapat menrubah tanaman atau buah yang diproduksi
  •        Tidak dapat menghasilkan individu baru pada kultur sel hewan  kecuali pada sel embrio
  •        Produk hasil rekayasa generic sedikt kaku karena kurangnya variasi bentuk, dan rasa. ­­

Itulah penjelasan mengenai kultur jaringan tapi kita juga perlu mengetahui nih apa aja sih jenis mahluk hidup yang telah mengalami proses kultur jaringan.

Anggrek, ada berbagai jenis anggrek yang memiliki bentuk dan warna yang berbeda namun saat ini anggrek menjadi salah satu tumbuhan yang sifatnya sudah mulai langkah selain itu perkembang biakan anggrek membutuhkan waktu yang cukup lama. Bioteknologi dengan kultur jaringan menjadi salah satu cara untuk membantu melestarikan anggrek sehingga memiliki peranan yang sangat positif baik.

Kelapa swit, memanfaatkan proses kultur jaringan untuk memperoleh bibit unggul. Hasil kultur jaringan ytersebut akan melahirkan calon-calon bibit unggul yang akan memeliki kelebihan

Jati mas merupakan tanaman komersial yang banyak digunakan serta memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. Namun seperti halnya Anggrek, Jati mas juga memiliki masa pertumbuhan yang cukup lamasedangkan kebutuhan jati mas sangat dibutuhkan.

Selain contoh tersebut pisang abaka, pisang lampunmg dan kayu putih juga memanfaatkan kultur jaringan dalam mengatasi kepunahnnya

 

Nah demikian penjelasan mengenai kultur jaringan ya, semoga kita semakin menyadari beberapa hal dalam linglkkungan sehari-hari yang menggunakan bioteknologi atau bahakan menonsumsi hasil bioteknologi tersebutr. Semoga bermanfaat


Artikel ini telah diterbitkan di Greatpedia by GreatEdu

 

Februari 17, 2021 / by / 0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

give me your response