Rabu, 10 Februari 2021

Belajar Sains #2 : Mengenal rNA dan dNA

Photo by John-Mark Smith on Unsplash




Kok bisa ya kita bisa mirip sama ibu atau bapak? Pernah merasa kan kita bisa semirip itu, coba deh kalau belum merasa mirip secara fisik dengan orang tua kalian pasti ada saja sifat kalian yang mirip dengan orang tua kalian. Nah, ternyata hal ini disebakan karena kita membawa materi genetik dari orang tua kita. Apa itu materi genetik? Yuk kita simak pada pembahasan berikut ini

Pewarisan sifat merupakan salah satu ciri suatu mahluk hidup yakni sifat-sifat dari suatu mahluk hidup diturunkan oleh orang tua ataupun dari induknya ke generasi-genarsi selanjutnya. Misalnya saja pada orang tua kita tadi, anak akan cenderung memilki sifat yang sama dari kedua orang tua baik berupa warna rambut, warna kulit, wajah yang hampir sama, tinggi badan dan masih banyak lagi. Tidak hanya manusia yang bisa mewariskan sifatnya loh, hewan dan tumbuhanpun akan seperti itu. Sifat-sifat genetik ini akan ditentukan oleh sifat genetik apa yang dimiliki oleh induknya atau orangtua. Pada manusia memiliki 2 jenis materi genetik yang berperan dalam pewarisan sifat yaitu DNA dan RNA. Kedua materi genetik ini memiliki struktur yang hampir sama.

Materi genetik ini berperan untuk mengatur pewarisan sifat pada generasi selanjutnya loh, ternyata nih teman-teman yang membawa materi genetik tersebut salah satunya adalah DNA atau Deoxyriboucleid Acid. DNA tersusun atas monomer berupa nukleotida. Nukleotida ini tersusun atas untai ganda atau bisa dikenal dengan double helix yang tersusun atas gugus fosfat, gula pentose dan basa nitrogen. Perlu teman-teman ketahui nih bahwa basa nitrogen terdiri atas 2 bagian yaitu Purin terdiri atas Adenin (A) dan Guanin (G) sedangkan Primidin terdiri atas Timin (T) dan Sitosin (C). Kedua jenis basa nitrogen ini berpasangan satu sama lain dimana Adenin berpasangan dengan Timin sedangkan Sitosin dengan guanin. Keduanya bisa berpasangan karena adanya ikatan nitreogen yang menghubungkannya. Jadi pada dasarnya DNA ini berfungsi sebagai penyimpan informasi genetik dan pengontrol reaksi metabolisme yang terjadi dalam sel. DNA ini terletak pada inti sel mitokondria kloroplas.

Selain DNA berperan dalam pewarisan sifat, kita juga mengenal RNA (Riboboncleid Acid) yang berfungsi sebagai pembawa pesan dari DNA ke ribosom, membantu penkodean DNA, dan membantu ribosom untuk memilih asam amino yang cocok dalam pembentukkan protein karena RNA ini merupakan asam nukleat rantai tunggal yang tersusun atas nukleotida. RNA juga merupakan basa nitrogen yang terdiri atas 2 bagian yaitu purin terdiri atas Adenin (A) dan Guanin (G) dan Primidin terdiri atas Urasil (U) dan Sitosin (C). Letak RNA pada inti sel sitoplasma ribosom.

Nah itulah tadi perbedaan antara RNA dan DNA ya semuanya sama-sama pembawa materi genetik tapi RNA berperan lebih spesifik lagi. Jadi setiap DNA di tubuh kita membawa kode tersndiri loh dan lebih menarik lagi jumlah materi genetik dalam tubuh manusia ternyata sangat banyak kalau dibentangkan bisa sama dengan jarak matahari-bumi secara bolak balik loh, wah keren ya RNA dan DNA ini.

Essay ini telah dipublikasikan di greatpedia by Great Edu
Februari 10, 2021 / by / 0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

give me your response