Selasa, 16 Februari 2021

Belajar Sains #8: Mengenal Biotchnology

Photo by Diana Polekhina on Unsplash

 

Greaters pasti sering mengonsumsi tempe, yougurt ataupun keju atau bahkan sering mengonsumsi papaya yang ukuranya besar dibandingkan papaya pada umumnya. Produk-produk tersebut sebenaranya adalah hasil dari bioteknologi loh, Jadi Bioteknologi itu apa sih,  Pernah dengar istilah Bioteknologi? kalau belum yuk kita simak penjelasan berikut

 

Jadi, jika ditinjau dari asal katanya Bioteknologi itu terdiri dari 3 kata yaitu Bio, tekno dan logos.  Masing-masing artinya adalah kehidupan, penerapan, dan ilmu atau secara umum biasanya kita mengenal dengan ilmu yang menerapakan atau memanfaatkan mahluk hidup dalam teknologi untuk produksi barang dan jasa. Mahluk hidup yang dimanfaatkan seperti Mikroorganisme berupa jamur ataupun bakteri. Penggunaan kata bioteknologi pertama kali digunakan pada tahun 1919 oleh Karl Ereky, seorang professor dari Hungaria walaupun sejak 8000 SM masyarakat sudah memulai untuk memperbaiki hasil produksi ternak dengan melakukan praktik perkembangbiakan selektif. Perkembangannya mulai 1970 karena sangat memiliki perana penting dalam menciptakan antibiotik untuk mengobati penyakit-penyakit berbahaya pada saat itu. Perkembangannya sangat pesat sampai saat ini.

 

Peran bioteknologi saat ini sangat bervariasi mulai dari pangan, pertanian, kedokteran, bahkan peternakan. Secara umum bioteknologi ini terdiri atas dua jenis yaitu bioteknologi konvensional dan bioteknologi modern. Perebedaan antara keduanya yaitu terletak pada prosesnya jika bioteknologi secara konvensional memanfaatkan mikroorganisme secara utuh sedangkan pada bioteknologi modern memanfaatkan DNA dari mikroorganisme tersebut selain itu teknologi yang digunakan dalam bioteknologi konvensional masih bersifat sederhana sedangkan secara modern menggunakan teknologi yang canggih.

Nah apa aja sih produk yang telah dihasilkan oleh bioteknologi ini? Apakah ada yang sering bersentuhan langsung dengan kehidupan sehari-hari? Secara konvensional nih produk olahan makanan seperti tempe,keju, youghurt masih memanfaatkan mikroorganisme utuh dalam proses feremnetasinya sedangkan  bioteknologi modern kita bisa liat pada kloning dan proses bayi tabung yang memanfaatkan kombinasi DNA. Wah keren yah ternyata sering banget kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

 

Bioteknologi baik secara konvensional ataupun secara modern masing-masing memiliki keuntungan dalam kehidupan manusia.

Bioteknologi Konvensional

Nah berikut keuntungan bioteknologi secara konvensional seperti meningkatkan hasil produksi pertanian, menciptakan antibiotik untuk mencegah penyakit-penyakit yang berbahaya,  dapat membuat makanan bertahan lebih lama seperti asinan, serta prosesnya yang sederhana sehingga biaya yang digunakan lebih murah walaupun secara konvensional tidak bisa memproduksi dalam skala besar serta memebutuhkan waktu yang cukup lama

Bioteknologi Modern

Selain manfaat bioteknologi secara konvensional, Bioteknologi Modern juga memiliki peranan yang cukup peting dalam kehidupan manusia saat ini karena dapat mengatasi beberapa permasalahan yang terjadi seperti bayi tabung, dibidang pertanian menciptakan produk-produk unggul yang berkualitas tinggi biasanya bisa diperoleh dalam jumlah yang banyak sehingga sangat membantu kebutuhan pangan manusia, di bidang pelestarian hewan yang hampir punah yaitu dengan teknologi transplasi nucleus sehingga hewan ataupun tumbuhan langka dapat dilestarikan, dapat mengeloh biji besi sehingga membantu manusia dalam mengatasi sumber energi. Selain keuntungan beberapa bentuk kerugian bioteknologi modern diantaranya adalah timbulnya kesenjangan anatar negara-negara yang memanfaatkan biotekknologi dan yang belum memanfaatkan, pelepasan organisme transgenik pada lingkungan dapat merusak keseimbangan alam, kemudian ada beberapa kelompok yang masih menganggap proses bioteknologi ini bertentangan dengan hukum alam.

 

Itulah penjelasan tentang bioteknologi ya, mari memanfaatkan inofasi ini dengan batas yang semsetinya karena jika dilakukan dengan proporsi yang lebih banyak hal ini dapat mengubah keseimbangan alam loh, semoga bermanfaat ya.

 Artekel ini telah diterbitkan di Greatpedia by GreatEdu

Februari 16, 2021 / by / 0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

give me your response