Kamis, 18 Februari 2021

Belajar Sains#10: Rekayasa Genetik

 

Photo by National Cancer Institute on Unsplash

Rekayasa genetika masih menjadi kontrofersi pada beberapa kelompok, loh kok bisa? Sebelum kita membahasnya yuk simak dulu asal mula rekayas genetik di paragraph di bawah ini                   

Sejarah rekayasa genetika

Rekayasa genetik atau biasa dikenal dengan modifikasi genetic merupakan salah satu penerapan bioteknologi secara modern. Prinsip dasar dari rekayasa genetik ini adalah DNA dalam suatu mahluk hidup bisa direkayasa ataubahkan atau disispkan dengan DNA baru sehingga akan melahirkan mahluk hidup baru. Rekayasa genetik ini bisa dilakukan pada hewan, tumbuhan bahkan manusia loh. Bakteri merupakan organisme transgenic pertama yang dihasilkan pada tahun 1973 kemudian pada tahun berikutnya Rudolf Jaenisch menciptakan hewan transgenik pertama pada tikus dengan memasukkan DNA baru dalam tubuh Tikus tersebeut.  Organisme hasil rekayasa disebut dengan genetically modified organism (GMO). Mahluk hidup apa aja nih yang sudah pernah mengalami rekaya genetic? Yuk simak beberapa contoh rekeyasa genetik berikut ini

1.      Grapple

Tumbuhan ini adalah hasil rekayasa genetik pada buah Apel dan Anggur, bentuknya akan seperti Apel tapi teksturnya akan  seperti Anggur. Grapple ini akan mengandung nutrisi Anggur dan Apel sehingga kandungan vitamin C akan lebih baik dari Anggur maupun Apel.

2.      Kloning

Kloning merupakan suatu usaha dalam memeperbanyak oragnisme secara vegetative tanpa melibatkan sel ovum ataupun sperma. Kloning pernah dilakukan pada katak yang dilakukan oleh Jhon B pada tahun 1973. Dengan mengfhilangkan materi genetik yang terkandung dalam inti. Selain tikus ada beberapa hewan lain yang pernah dikloning seperti Babi pada tahun 2000 oleh perusahaan PPL Therapeutics, Kucing tahun 2000 di Texas A & M University, serta Rusa dan Kuda pada tahun 2003. Domba Doly hasil kloing yang lahir tanpa domba jantan yang diproduksi dari kelenjar susu domba betina

3.      Bayi Tabung

Saat ini, solusi bagi orang tua yang belum memiliki keturunan adalah program bayi tabung walaupun biayanya cukup mahal yah, Bayi tabung merupakan salah satu contoh bioteknologi modern dimana pembuahan antara sel sperma dan sel telur dilakukan dalam tabung bukan di dalam Rahim Perempuan. Proses ini disebut dengan vertilisasi in vitro. Bayi tabung pertama yang berhasil pada tahun 1977 di inggris loh yang bernama Louis Brown.

4.      Pembuatan Insulin

Insulin sebenrnya diproduksi sendiri oleh kelenjar pangkreas , Insulin dibutuhkan pada penderita diabetes tapi jumlah kebutuhan insulin bisa saja tidak terpenuhi karena setiap orang memproduksi jumlah insulin yang berbeda, jadi jika kekeurangan insulin, mereka membutuhkan suntikan dari hormone lain, salah satu solusinya adalah dengan Teknik rekayassa genetik dengan mencangkiok gen  atau biasa disebut dengan transplantasi gen yang mengkode insulin ke dalam plasmid bakteri. Bakteri dan gen ini dibiarkan mengembangbiakkan diri sehingga bakteri dengan sendirinya memproduksi insulin.

Manfaat

Rekayasa genitik ini memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia baik dari aspek kesehatan, lingkungan bahakan makanan. Tanaman rekayasa genetik biasanya tahan lebih lama dan dapat meningkatkan hasil panenseperti tomat, papaya, virus dimodifikasi secara genetik yang digunakan dalam terapi gen untuk meneymbuhkan manusia juga hasil rekayas genetik berupa insulin sintesis dijadikan sebagai pengobatan pasien diabetes.

Kekurangan

Rekayasa genetik juga mengancam kekhawtiran karena dapat mengancam hukum alam jika diproduksi secara berlebihan dan kemungkinan untuk gagal selama proses rekayasa  sehingga dapat melahirkan mahluk hidup cacat ataubahkan bisa saja membunuh mahluk hidup yang menjadi bahan percobaannya.

 

Itulah tadi penejasalan mengenai rekayasa genetik ya, ternyata sangat besar peranannya dalam berbagai aspek kehidupan kita selama ini, semoga bermanfaat.


Artikel ini telah diterbitkan di Greatpedia by GreatEdu

Februari 18, 2021 / by / 0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

give me your response