Selasa, 23 Februari 2021

Belajar Sains #12: Untuk Apa Pengkodean Plastik?


Photo by tanvi sharma on Unsplash


Apakah greaters mengetahui symbol pada botol plastic atau mungkin tidak pernah memperhatikannya? Coba deh cek pada bagian bawah botol biasanya selalu ada kodenya berupa angka. Bukan hanya botol aja ya Greaters tapi hampir semua produk olahan plastik memiliki pengkodean seperti itu. Fungsi pengkodean ini apa ya Greatres? Nah untuk mengetahuinya yuk mari kita simak penjabaran berikut ini.

Pengkodean plastik biasanya symbol segitiga dan angka di dalamnya. Symbol segitiga ini bermaksud sebagai hasil produk daur ulang Greaters. Nah mari kita liat perbedaan symbol-sombol yang lain

1.       Kode Angka 1
Memiliki symbol PETE atau PET (Poly Ethylene Terephalate) merupakan jenis platik daur ulang yang biasa ditemukan pada kemasan air minum dengan bentuk yang transparan dan tipis. Kode ini sebaiknya digunakan sekali pakai karena jika digunakan berkali-kali maka kandungan plastiknya akan ikut dikonsumsi. Selain itu ciri khas dari jenis plastik in adalah akan meleleh pada suhu tinggi dan mengeluarkan zar karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker pada jangka Panjang.

2.       Kode Angka 2
Kode ini memiliki symbol HDPE (High Density Polyethylene) merupakan jenis plastic yang mudah untuk didaur ulang, bentuknya yang kuat dan keras biasanya dijadikan sebagai tempat alat-alat kosmetik, detergen, susu, bahkan cairan pembersih berbahan kimia. Walaupun jenis platik ini aman sebagai wadah paling aman dalam mengemas makanan tapi sangat dianjurkan untuk dipakai sekali saja

3.       Kode Angka 3
V atau PVC (polyvinvyl Chloride) jenis platik ini juga sering ditemukan sebagai tempat shampoo, sabun, pembungkus kapel bahkan pipa plastic tapi akan sulit untuk didaur ulang sehingga sangat tidak dianjurkan untuk mengemas makanan maupun minuman. Kandungan DEHA (Diethylhydroxylamine) yang terdapat di dalamnya dapat bereaksi ketika bersentuhan langsung dengan makanan atau minuman.

4.       Kode Angka 4
LDPE (low Density Polyethylene) jenis plastik ini memiliki resistensi yang cukup baik terhadap reaksi kimia sehingga sering sekali digunakan dalam mengemas makanan ataupun minuman. Kelebihan lainnya adalah fleksibel, kuat dan memiliki proteksi terhadapa uap air. Pengkodean ini biasanya ada pada plastik atau biasa kita kenal dengan kantong kresek.

5.       Kode Angka 5
PP (Polypropylene) merupakan jenis platik yang sangat mudah ditemukan pada tumbler atau tempat makanan karena plastik ini merupakan jenis plastic terbaik karena memiliki beberapa kelebihan seperti kuat, tahan panas, cukup resisten terhadapan kelembapan minyak dan bahan kimia lainnya. 

6.       Kode Angka 6
PS (Polystyrene) jenis pelatik ini memiliki ciri kaku, buram dan sulit didaur ulang biasanya  ditemukman pada satyrofoam tapi hati-hati ya Greaters karena bahan styrene ini sangat mudah untuk menyebar pada makanan dan akan membahayakan kesehatan otak, hormon, sistem reproduksi hingga sistem syaraf. Jadi sebaiknya hindari pemakaian kode Angka 6 ini ya

7.       Kode Angka 7
OTHER jenis platik ini memiliki beberap jenis seperti SAN  (styrene Acrylonitrile) yang biasanya ditemui pada alat-alat rumah tangga seperti pembungkus termos atau mangkuk mixer karena baik untuk mengemas makanan atau minuman, dapat resistens terhadap suhu serta kuat. Contoh lainnya adalah ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene) pada tempat makan anak, dan PS (polycarbonate) yang biasa dijumpai pada perlemngkapan bayi ataupun gallon air.

Itulah jenis-jenis plastik dan pengkodeannya Greaters, Jadi dengan mengenal jenis plastic Greaters akan lebih bijak dalam memilih ataupun mengolah plastik serta dapat juga berkontribusi dalam Gerakan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai agar bumi tetap sehat. Semoga Bermanfaat. 

Artikel ini telah diterbitkan di Greatpedia by GreatEdu


Februari 23, 2021 / by / 0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

give me your response